Anteseden Keputusan Pelanggan untuk Mengunjungi Yogyakarta sebagai Daerah Istimewa di Indonesia

  • Suherman Suherman Sekolah Tinggi Manajemen Labora
  • Robby Simanjuntak Sekolah Tinggi Manajemen Labora
  • Jayadi Jayadi Sekolah Tinggi Manajemen Labora
Keywords: city branding, citra kota, niat berkunjung, keputusan untuk mengunjungi, kebijakan pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas strategi yang diterapkan pemerintah dalam mengelola city branding dan citra kota terhadap minat perilaku serta membuktikan pengaruh niat berkunjung terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu melakukan survei langsung kepada responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh wisatawan domestik di Yogyakarta suatu daerah khusus di Indonesia yang sedang berkunjung dan diperoleh total sampel sebanyak 280 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS dan diolah melalui aplikasi SmartPLS . Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra kota memiliki pengaruh paling dominan terhadap niat berkunjung dan kemudian berkunjung. Oleh karena itu, city branding harus diterapkan dengan tepat untuk meningkatkan niat dan kunjungan untuk membentuk citra kota yang positif. Niat berkunjung terbukti memediasi city branding dan citra kota terhadap keputusan berkunjung. Hasil penelitian menjelaskan bahwa keputusan berkunjung dapat dibentuk berdasarkan niat berkunjung, yang bersumber dari stimulus tentang city branding dan citra kota. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam merumuskan strategi penerapan city branding dan city image untuk membuat tampilan dan brand lebih menarik sehingga menimbulkan minat berkunjung.

Published
2022-03-29