Orientasi Kewirausahaan & Niat Kewirausahaan: Peran Kewirausahaan Pengalaman sebagai Moderator
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan (EO) pada hubungan niat berwirausaha (EI) di kalangan mahasiswa kewirausahaan dari pertumbuhan ekonomi Jakarta. Ini mengusulkan peran moderator untuk keterbukaan pengalaman (openness to experience) (OTE) dalam interaksi antara EO dan EI. Data dikumpulkan dari mahasiswa sarjana yang mempelajari kewirausahaan dalam program studi mereka dari PTS di Jakarta. SPSS Macro Process (Hayes, 2013) digunakan untuk menguji efek moderasi. Berdasarkan pengertian perilaku terencana, penelitian ini menemukan bahwa OTE dan EO memiliki dampak interaksi pada EI. Hasil penelitian ini menambah pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana keterbukaan terhadap pengalaman mempengaruhi EI. Hubungan antara variabel yang diteliti, termasuk EO dan EI dengan adanya variabel moderasi keterbukaan terhadap pengalaman akan membuktikan kontribusi baru dalam korpus pengetahuan yang ada. Berdasarkan teori perilaku terencana, studi yang disajikan akan mencakup ruang lingkup literatur tentang EO dan EI.