Pengaruh Citra dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Loyalitas Pasien (Studi pada Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien pada RSU Bunda Jakarta. Untuk menentukan sampel yang akan dipilih, penulis menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu teknik sampling yang ditentukan secara sederhana (simple) dan pengambilan sampel anggota populasi digunakan secara acak. Model yang digunakan dalam menentukan jumlah sampel adalah menggunakan rumus Slovin maka populasi diambil sebagai sampel yaitu sebesar 90 responden. Berdasarkan hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa nilai signifikan masing-masing variabel sebesar 0.000 < 0, 05, dengan demikian maka Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nihil) ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) Citra (Rumah Sakit), serta variabel (X2) Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (Loyalitas Pasien) di Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji F didapatkan nilai signifikan masing-masing variabel adalah 0,000 < 5% (0,000 < 0,05), dengan demikian maka Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nihil) ditolak sehingga dapat disimpulkan variabel X1 yaitu Citra (Rumah Sakit), dan variabel X2 Kualitas Pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Loyalitas Pasien) di Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta.