Niat Kewirausahaan Sosial: Tinjauan dan Penelitian Selanjutnya
Abstract
Kewirausahaan sosial adalah bidang penelitian yang berkembang yang baru-baru ini mendapat perhatian signifikan. Akibatnya, konsep niat kewirausahaan sosial (SEI) telah muncul sebagai topik yang cukup menarik. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk menjadi wirausahawan sosial di Indonesia. Sementara SEI dianggap sebagai pendahulu penting untuk meluncurkan perusahaan sosial, penelitian empiris yang ada tentang faktor-faktor SEI tidak memiliki pendekatan terstruktur dan terintegrasi secara kuantitatif. Selain itu, sebagian besar penelitian berpusat pada perusahaan komersial daripada perusahaan sosial. Kelangkaan penelitian tentang perilaku kewirausahaan sosial memerlukan eksplorasi unsur-unsur penting yang mendorong perilaku dan tindakan tersebut. Tinjauan literatur yang komprehensif telah digunakan untuk mengatur penelitian yang ada dan menetapkan arah penelitian penelitian, yang berfokus pada niat wirausahawan sosial. Studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan baik bagi masyarakat maupun pembuat kebijakan, sehingga berkontribusi pada kemajuan kewirausahaan sosial di Indonesia